Mengenal Mesin fotokopi, Sejarah dan Cara Kerja Mesin Fotokopi

Author:
Mengenal Mesin fotokopi, Sejarah dan Cara Kerja Mesin Fotokopi:

Kita tadinya telah membahas tentang betapa besarnya pengaruh mesin fotokopi dalam kaitannya dengan proses penggandaan dokumen bagi kehidupan kita, para pelajar dan mahasiswa, Khususnya bagi mereka yang behubungan dengan proses penggandaan atau penyalinan dokumen-dokumen sebentuk tulisan diatas kertas. Mesin fotokopi yang kita temui sekarang ini telah mengalami banyak kemajuan serta perkembangan yang membuatnya semakin hari semakin memudahkan pekerjaan para penyalin / pengganda berkas. Para ahli sejarah menceritakan bahwa konsep mesin fotokopi ditemukan oleh seorang profesional pengganda dokumen bernama Chester Carlson (meninggal pada 9 September 1968, di Rochester, New York). Konsep penyalian berkas temuan Carlson itu disebutnya dengan istilah elektrofotografi. Konsep ini memanfaatkan energi elektrostatik, yaitu xenography.

Beberapa mesin fotokopi

Pada awalnya temuan Carlson belum dapat mewujudkan mimpinya membuat sebuah mesin penyalin dokumen dengan konsep xenography-nya karena ia membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mengembangkan konsep yang ia yakini kedalam bentuk sebuah produk pengganda berkas tanpa dukungan dana dan tenaga dari pihak yang lain. Carlson yang kala itu memutuskan untuk menawarkan teknologi penggandaan dokumen temuannya ke berbgai perusahaan sangat sulit mendapatkan respon positif, ia banyak melalui berbagai macam penolakan dari para pemilik bisnis kala itu higga akhirnya ia menemukan Batelle Memorial Institute yang ditawarinya menjadi mitra. Charlson bersama Batelle Memorial Institute akhirnya berhasil meyakinkan sebuah perusahaan untuk mendanai proyeknya, yakni  Haloid Corporation yang kala itu bergerak dalam bidang penujualan kertas foto.

Chester Carlson Dan Kejayaan Mesin Fotokopi Temuannya

Haloid Corporation yang pada awalnya hampir menolak untuk mendanai proyek yang ditawarakan oleh Carlson bersama partnernya akhirnya menemukan kejayaan melalui mesin fotokopi buah pemikiran dan kerja keras mereka. Xerox 914, produk pertama yang dikembangkan Haloid Corporation berhasil membuatnya menjadi sangat populer di kalangan masyarakat kala itu. Mesin fotokopi pertama mereka tersebut mampu menyalin hingga 100000 copy perbulannya serta mampu mendatangkan penghasilan mencapai 60 juta Dollar Amerika untuk perusahaanya --sangat luar biasa--. Haloid Corporation pun akhirnya berganti nama menjadi Xerox Corporation.

Tak hanya berhendit disitu, sama seperti produk-produk yang mendunia lainnya, mesin fotokopi-pun tak pernah berhenti berinovasi. Saat ini berbgai jenis mesin fotokopi dikembangkan oleh berbagai perusahaan, tak hanya didominasi oleh XEROX CORPORATION. Teknologinyapun terus berkembang. Mesin fotokopi yang pada awalnya hanya bisa menyalin kedalam bentuk tulisan hitam putih, saat ini telah mampu menyalin dokumen-dokumen berwarna kedalam bentuk aslinya. Teknologi ADF (auto document feeder) ditambahkan.Tak ketinggalan, fitur komputerisasi dan jaringan juga ditambahkan keedalamnya.

Itulah sedikit sejarah tentang mesin fotokopi. Ditulis oleh HAVIA FOTOKOPI (http://haviafotokopi.blogspot.com/) dengan berbagai rujukan.