Belajar Teknik Dasar Servis Mesin Fotocopy

Author:
Belajar Teknik Dasar Servis Mesin Fotocopy:

Postingan kali ini melanjutkan yang sebelumnya. Jika sebelumnya kita telah masuk ke tahap pemanfaatan kode-kode error yang diberikan oleh mesin yang akan kita perbaiki kerusakannya, pada kesempatan ini kita akan mengulas secara lebih rinci bagaimana langkah-langkah dasar yang semestinya dilakukan oleh para teknisi mesin fotocopy ketika hendak memulai pekerjaannya.

Sebagai seorang teknisi mesin fotocopy, kita diharapkan untuk memahami apa saja tahap-tahap pekerjaan memperbaiki mesin fotocopy seharusnya kita laksanakan satu persatu. Karena dengan mengetahui langkah-langkah tepat proses perbaikan mesin fotocopy, seorang teknisi akan mampu bekerja dengan sempurna dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Banyak diantara para pemula yang baru terjun kedalam bisnis perbaikan mesin, khususnya mesin fotocopy Canon dan Kyocera beranggapan bahwa dengan berpatokan pada buku servis sudahlah cukup untuk menjalankan bisnis sebagai teknisi mesin fotocopy. Itu tak sepenuhnya salah, hanya saja jika cuma berpatokan pada buku servis, apalagi dengan pengetahuan dan pengalaman tentang cara membaca diagram elektronik, komponen-komponen mekanik dan sparepart, buku service manual mungkin akan hanya menjadi "pemakan waktu" yang mendatangkan kesia-siaan saja.

Sebagai pengenalan teknik dasar dalam belajar perbaikan mesin fotocopy, beberapa langkah berikut akan dapat menjadi starting point bagi anda, calon teknisi mesin fotocopy :
1. Kenali jenis-jenis dan tipe mesin fotocopy berdasarkan merk.
2. Pelajari cara kerja masing-masing tipe mesin yang ada
3. Ketahui karakteristik dan fungsi masing-masing bagian / sparepart yang terdapat pada mesin fotocopy yang akan kita perbaiki
4. Fahami tata cara penggunaan buku service manual
5. Praktek perbaikan.
Itulah bebrapa hal yang mungkin perlu diketahui oleh para calon teknisi mesin fotocopy, pada postingan selanjutnya kita akan membahasnya satu persatu.

Good Luck.