Masakan: Resep Cucur Enak dan Nikmat

Author:
Masakan: Resep Cucur Enak dan Nikmat: Resep Cucur - Jika bertanya mengenai Resep Cucur ini, setiap orang pasti punya selera yang berbeda akan cita rasanya. Tapi, dari sekian banyak resep kue yang bertebaran dari dapur ke tempat masak lainnya, tim havia dapat menyeleksi yang terbaiklah dan pas banget untuk disajikan buat penikmat kuliner kue. Resep Cucur dikemas dalam bahasa yang seringan mungkin agar dipahami oleh siapa saja.

Bahan Utama :

  • Pada pembuatan kue cucur yang menggunakan bahan utama tepung beras, tepung ini bisa dibuat sendiri dari butiran beras yang digiling halus, juga bisa dibuat dari tepung beras yang siap pakai. Tepung ini tersedia dipasar tradisional maupun swalayan. Selain memilih kualitas terbaik, cermati tanggal kadaluwarsanya. Pilih yang kemasannya tidak berlubang, karena sekecil apapun lubangnya,tepung beras rentan terhadap udara lembab sehingga mudah rusak, berbau dan berkutu. Meskipun kemasan tepung sudah dibuka atau tidak, sebaiknya simpan dalam wadah kedap udara supaya tahan lama (awet), tidak ada salahnya menjemur.
  • Bila menggunakan bahan tambahan lainnya, Anda bisa menambahkan sedikit tepung terigu dengan kandungan protein sedang, penambahan tepung ini bisa berpengaruh pada hasil kue cucur yaitu tidak begitu keras dan sedikit lentur saat digigit.

Cairan :

  • Selalu gunakan cairan air panas saat mencampuradonan.Sebisa mungkin cairan dimasak bersama gula, lalu disaring agar kotoran gula tidak bercampur.

Bahan pemanis :

  • Umumnya, kue cucur berwarna cokelat karena dibuat dari gula merah atau gula palem, namun kini ada juga yang berwarna hijau, kuning, putih atau merah muda yang dibuat dad gula pasir. Fungsi gula untuk mengempukan susunan sel adonan dan memberi rasa manis. Jika tidak menginginkan cucur yang berwarna gelap, kurangi gula palem ganti dengan gula pasir dengan perbandingan 3 :1. atau gunakan gula pasir saja.

Bahan Perasa dan Pewarna :

  • Biasanya digunakan bahan pewarnasekaligus perasa yang alami. Anda bisa sedikit berkreasi dengan memberikan variasi warna. Untuk perasa yang bisa menimbulkan aroma, bisa menggunakan vanili, buah-buahan seperti durian,nangka,strawberry,dll. Kue cucur akan bersifat aman bila bahan-bahan yang digunakan semuanya alami. Artinya tidak ada bahan-bahan sintetik yang ditambahkan seperti pemanis buatan atau pewarna yang bukan untuk pangan.

Cara Membuat Adonan :

  • Tektur bagian pingir kue cucur sungguh memukau berupa lubang-lubang kecil di permukaannya, dan jika kue disobek, pada penampangnya tampaklah tekstur serat bagai jeruji-jeruji halus, membuat kagum setiap orang yang melihatnya. Pembuatan kue cucur dikatakan sukar juga tidak, dikatakan mudah juga tidak. Asal tahu triknya, kita dapat membuat sendiri cucur yang berserat tersebut.
  • Adonan kue cucur memang mudah dibuat, tinggal mencampur semua bahan dengan cairan panas, lalu diaduk hingga adonan tercampur rata. Nah, kunci supaya kuecucur berserat pada pengadukan adonan dengan cara pengeplokannya jangan kurang dari 15 menit. Semakin lama pengeplokannya maka semakin bagus serat yang dihasilkan. Usahakan pengeplokannya selalu konstan, sehingga jangan cepat mengeluh merasa capek.
  • Adonan yang sudah jadi bisa langsung dicetakdengan mengunakan wajan besi hitam dan berat agar hasilnya lebih baik, karena panas yang dihasilkan stabil
  • Minyak goreng tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin supaya rongga yang terbentuk bisa sempurna.
  • Saat menggoreng,adonan harus sering dikeplok supaya campurannya tetap baik.
  • Bagi Anda yang kreatif, kini kue cucur rasanya tidak harus cokelat gula merah saja.
  • Anda bisa membuat ragam kombinasi seperti menambahkan aneka buah-buahan.
  • Umumnya kue cucur memilikdaya simpan yang relatif singkat.
  • Kue cucur yang telah matang sebaiknya jangan dibiarkan dalam wadah terbuka, simpan kue cucur dalam wadah tertutup rapat. Dengan begitu kulit kue cucur tidak mudah kering.



Itulah Resep Cucur yang sederhana dan enak. Temukan juga resep terbaik selain Resep Cucur disini.