Fanfiction, Apa Sih?

Author:
Fanfiction, Apa Sih?:

Pernah bertanya tentang apa sih itu fanfiction? Tim Havia baru saja berselancar di beberapa website fanfic untuk membaca-baca beberapa FF yang telah ditulis oleh para penggemar berdasarkan imajinasinya stelah membaca karya orang lain (biasanya karya terkenal). Dari sedikit cerita itu pastinya Sobat Havia ada yang sudah bisa menebak apa sih fanfiction itu? ya benar sekali, Fanfiction atau dikenal dengan istilah dalam bahasa Indonesai dengan "Fiksi Penggemar", adalah cetia yang dibuat berdasarkan kisah yang ditulis oleh orang lain.
Fanfiction - Fanfic or Fans Fictions - or FF
Secara teori, definisi dari fanfiction adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat berdasarkan kisah, karakter-karakter atau setting yang sudah ada oleh penggemarnya. Fanfic sering berlaku pada film , komik, novel, selebritis dan karakter populer yang lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, kadang juga tidak. Fanfiction sendiri adalah singkatan dari Fans Fiction (Fiksi Pengemar) yang kemudian juga sering disingkat dengan dua huruf "FF" atau "Fanfic".



Di Indonesia, FF mungkin tidak se-tenar di dunia barat. Kalau di dunia maya, ya. Kita sering mendaatkan banyak fanfiction yang dibuat oleh para penggemar untuk novel-novel atau komik-komik terkenal seperti Narutto, Harry Potter, Acara TV series dan lain sebaginya.



Dalam kisah-kisah fanfiction kita dapati beberapa istilah yang sering digunakan untuk karya FF tersebut, diantaranya adalah: OC (Other Character), adalah penulis telah menambahkan tokoh lain (yang murni rekaan penulis) dalam cerita fanfic tersebut. OOC (Out Of Character), adalah karakter yang diambil akan berbeda dengan karakter mereka dalam kisah aslinya. Genderswitch, adalah ada karakter yang dirubah jenis kelaminnya. Crossover, adalah fanfic yang bersangkutan dibuat dengan mencampur plot dan karakter dari dua buah cerita atau lebih, Dan sebagainya.



Dalam Penulisan FF juga sering sebutkan rating. Rating berfungsi sebagai informasi kepada calon pembacanya bahwa tulisan tersebut cocok dibaca oleh kalangan tertentu yang dikhususkan, sesuai dengan tujuan penulisannya. Rating-rating dalam penulisan fanfiction dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni :

  • G - General Audience: Semua Umur.
  • PG - Parental Guidance Suggested: Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak.
  • PG-13 - Parents Strongly Cautioned: Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak di bawah usia 13.
  • R - Restricted: Mereka yang di bawah 17 tahun memerlukan pendampingan orangtua (usia bervariasi, tergantung tempat).
  • NC-17 - No One 17 and Under Admitted: Jelas-jelas tidak boleh dibaca oleh mereka yang berusia di bawah 17.



Dalam penulisan Fanfiction juga sering diklasifikasikan berdasarkan panjang pendeknya sebuah tulisan / karya fanfic tersebut. diantara yang sering ditemui dalam teknik penulisan fanfic yang beredar adalah:

  • Drabble: Terdiri dari 100-200 kata. Meskipun tidak tepat berjumlah 100-200 kata, yang penting drabble itu sangat pendek.
  • Ficlet: Lebih panjang dari drabble. Kira-kira sekitar 500-800/900 kata.
  • Oneshot: Dalam dunia penulisan biasa, dikenal sebagai cerpen. Biasanya terdiri dari 2000-3000 kata. Tapi juga bisa sampai beribu-ribu kata, asal langsung tamat.
  • Double shot/Two shots: Cerita yang terdiri atas dua bagian.
  • Short story: Cerita bersambung yang hanya memiliki chapter/section/part lebih sedikit dari “Chaptered Fic”. Short story biasanya hanya terdiri dari 4-5 shots.
  • Chaptered/Series Fic: Seperti novel. Memiliki banyak sekali chapter, konflik boleh lebih dari satu.
  • Universe: Ruang, tokoh, dan inti cerita sama, tapi tiap cerita bisa tidak berkesinambungan. Bisa membaca salah satu saja tanpa membaca cerita yang lain. Bisa dibaca satu aja sebagai oneshot. Tokoh dan konteksnya sama walaupun banyak bagian dalam fanfic itu, tetapi kita bisa tetap mengerti walau hanya membaca satu bagian saja karena ceritanya tidak bersambung.
  • Crossover: Fanfic yang dibuat dengan menggabungkan dua cerita atau lebih. Misalnya, menggabungkan karakter Harry Potter dengan Star Wars. Tidak hanya karakter, elemen cerita juga dapat digabungkan (dua dunia digabung), seperti Harry Potter dengan Lord of the Rings.



Itulah beberapa hal yang berkatian dengan fanfiction, tulisan ini merujuk ke beberapa suember rujukan tanpa memandang kuat lemahnya posisi rujukan tersbeut. Silahkan mengambil manfaat atau meninjau kembali, jika diperlukan. Semoga bermanfaat.