Membuat Website Seperti OLX Indonesia - Cara Yang Mudah

Author:
Membuat Website Seperti OLX Indonesia - Cara Yang Mudah:

Situs jual beli seperi OLX di Indonesia ada banyak sekali, salah satunya adalah berniaga. Kedua website tersebut menyediakan resource (sumberdaya) untuk publik sebagai tempat untuk menjajakan, menawarkan barang bekas atau baru yang ingin mereka jual melalui internet. Cara kerja mereka sangatlah simple, OLX Indonesia dan berniaga sama-sama memberikan akses kepada publik (netizen) untuk membuat postingan berjenis penawaran jual atau permintaan penawaran barang yang dicari, itu saja.
Install Script Website OLX Indonesia Gratis
Website-website seperti OLX Indonesia yang lain diantaranya adalah, Kaskus FJB, Barang Bekas, Tokopedia, buka Lapak dll. Dalam postingan kali ini aku akan mencoba memberikan info kepada kamu yang ingin membuat website seperti itu. Dengan tanpa belajar koding atau pemrograman tentunya. Sebab kalau harus belajar koding, ya kayaknya mesti kuliah dulu. Tapi ini lain. Kita tidak perlu belajar koding. Kita akan membuat website seperti OLX Indonesia dengan memanfaatkan script yang sudah ada, dibuat oleh orang lain yang memang sudah dipercaya dalam hal membuat website seperti itu.



Script atau software untuk membuat website seperti OLX indonesia yang kumaksudkan adalah Osclass. Skrip itu adalah script dengan lisensi gratis, tipe "Open Source" dan boleh digunakan oleh orang-orang yang ingin membuat situs jual beli seperti OLX Indonesia. Cara menjalankan situsnya pun sangat mudah untuk dipelajari. Caranya sangat gampang.



Yang perlu kamu sediakan untuk dapat membuat situs sejenis menggunakan Osclass adalah sebuah nama domain dan sever saja. Kamu bisa mendapatkan yang gratisan untuk keduanya jika hanya ingin mencoba. Kamu ketikkan saja di kotak cari dengan KK "Domain gratis", maka akan disuguhkan kepadamu banyak sekali yang menawarkan nama domain gratis untuk kamu gunakan dalam percobaan ini. Satu dari sekian banyak yang pernah aku coba adalah Freename. Situs itu memberikan nama domain dengan beberapa akhiran, seperti .tk dan . free. Untuk server gratis juga sudah banyak sekali yang menawarkan di internet. Kamu coba ketika "Free Server" atau "Free Hosting", maka akan banyak penawaran server gratis yang akan kamu lihat. Nantinya setelah kamu pilih bisa kamu coba salah satunya untuk proyek percobaab membuat website seperti OLX Indonesia mengunakan Osclass ini.



Langkah untuk membuat situs seperti OLX dengan menggunakan Osclass juga sangat mudah sekali. Bagi kamu yang sudah terbiasa menginstall script melalui control panel serve bisa langsung memilih Osclass lalu klik install, jadi dah kamu punya website seperti OLX indonesia. Kalau tidak menggunakan Cpanel, katakan saja kamu menggunakan NginX untuk membuat server. Kamu bisa mengunduh Osclass dari gituhub lalu ikuti langkah-langkah memasangnya seperti terlihat pada file Readme-nya. Gampang kan? Itu saja sih caranya. Sekarang tinggal kamu coba saja sendiri.



Sebenarnya yang paling sulit untuk dilakukan ketika membuat website seperti OLX indonesia adalah promosinya. Lihat saja, situs itu mengiklankan dirinya dari banyak sekali channel promosi. Mereka ber-promo melalui Televisi, radio, Addword, Popup dan lain sebaginya. Jadi kesimpulanku, membuat website seperti OLX itu mudah, tapi menjadikannya terkenal itu sangat sulit. Coba deh... Kamu bakal membutuhkan banyak waktu, tenaga dan biaya untuk membuat situs tersebut populer. Tapi, untuk mencoba tak ada salahnya juga kan... coba saja, siapa tahu kamu bisa ngalahin OLX Indonesia.