Ramadhan 2015, NU dan Muhammadiyah Kompak Puasa Bareng

Author:
Ramadhan 2015, NU dan Muhammadiyah Kompak Puasa Bareng:

Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu rukun iman yang harus dilaksanakan oleh umat Islam seluruh dunia. Meskipun ada perbedaan cara menentukan awal masuknya bulan Ramadahan dan sering mengambil hari yang berbeda untuk memulai berpuasa, tapi tahun ini NU dan Muhammadiyah kompak memutuskan untuk berpuasa di hari yang sama.
Ramadhan-Kareem-Selamat-Menjalankan-Ibadah-Puasa-Ucapan
Muhammadiyah yang melalui penanggalan kalender hijriah dengan metode hisab jauh-jauh hari telah menentukan bahwa pada tahun ini awal ramadhan jatuh pada hari kamis tanggal 18 Juni 2015, begitupun dengan NU yang menggunakan metode pemantauan hilal (melihat bulan sabit/rukyatul hilal) juga meengambil hari yang sama setelah bersama-sama dengan pemerintah melalui Kementrian Agama, melaksanakan sidang isbat penentuan awal Ramadhan.



Namun begitu, untuk hari raya idul fitri nanti, belum tentu Muhammadiyah dan NU akan kompakan lagi, sebab tetap saja NU yang berpatokan pada metode rukyatulhilal akan menunggu hasil pemantauan hilal nantinya, sedangkan Muhammadiyah telah memematok hari raya Eidul Fitri berdasarkan metode hisab.



Berdasarkan hasil hisab tersebut diketahui, Organisasi Islam Muhammadiyah menetapkan, tanggal 1 Ramadan 1436 H akan jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015 nanti, demikian seperti tercantum dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah.