Tarekat Naqsabandiyah Puasa Hari Rabu, 17 Juni 2015

Author:
Tarekat Naqsabandiyah Puasa Hari Rabu, 17 Juni 2015:

Berbeda dengan Muhammadiyah, Pemerintah dan NU, Para penganut tarekat Naqsabandiyah akan melaksanakan puasa untuk mengawali Ramadhan tahun 2015 ini pada hari Rabu tanggal 17 Juni (Besok). Mereka menggunakan metode penanggalan Qamariayah atau disebut Hisab Qamariyah untuk menentukan awal masuknya bulan baru, termausk penentuan awal Ramadhan dan pelaksanaan Idul fitri setiap tahunnya.
Selamat Berpuasa - Tarekat Naqsabadiyah Indonesia
salah seorang tokoh Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di Medan, Sumatera Utara, Syekh Muda Muhammad Nur Zikri menegaskan bahwa tidak diperlukan pemantauan hilal untuk menentukan datangnya bulan suci Ramadhan, cukup dengan perhitungan kalender.



"Berdasarkan hisab qamariyah 1 Ramadan 1436 H ditetapkan pada Rabu 17 Juni 2015. Tidak perlu melihat bulan lagi, karena memang begitu hitungannya," katanya kepada media, seperti dikutip dari laman Dinamika Rakyat, Selasa 26 Juni 2015.


Masih dari sumber yang sama, beliau juga mengatakan bahwa penetapan 1 Ramadhan ini berdasarkan hisab Majelis Fatwa Tariqat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun.



Tahun lalu, Jamaah tarekat Naqsabandiyah juga menetapkan awal puasa dan hari raya Idul Fitri 1 hari lebih dahulu dari pemerintah dan NU.