Definisi & Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

Author:
Definisi & Pengertian Makalah Menurut Para Ahli:

Makalah memiliki banyak pengertian tergantung dari siapa yang menilainya, sama seperti istilah-istilah dalam dunia pendidikan lainnya, pengertian makalah juga bergantung kepada siapa orang yang memandangnya. Bagi sebagian pelajar makalah mungkin adalah sebuah laporan, tugas sekolah/kuliah yang diberikan oleh bapak/ibu guru/dosen sehubungan dengan mata pelajaran/kuliah tertentu. Makalah berisi tulisan yang membahas tentang topik-topik tertentu, yang tentunya berhubungan dengan pelajaran/mata kuliah yang diajarkan oleh Bapak/ibu guru.
Pengertian-pengertian Makalah Oleh Para Pakar dan Ahli
Sebagian yang lainnya mungkin berfikir bahwa makalah didefinisikan sebagai karya tulis yang membahas tentang topik tertentu yang sedikit lebih ringan dari sebuah jurnal ilmiah, skripsi atau tesis. Sebagian yang lain juga mengartikan makalah sebagai sebuah tugas perkuliahan yang harus dicari di internet. Untuk yang terakhir ini kau pernah mendengarnya dari seorang pelajar SMA, hmm... ada ada saja ya definisi makalah itu.


Terlepas dari pendapat-pendapat yang tidak terbukukan diatas, pastinya akan lebih baik jika kita menggunakan pendapat para ahli yang merupakan pakar pendefinisian untuk menentukan apa sebenarnya pengertian dari makalah tersebut. Untuk itulah pada postingan ini kami akan memberikan anda kutipan-kutipan yang menunjukkan sedikit perbedaan pengertian tentang makalah menurut beberapa ahli yang dimaksud.

Pengertian-Pengertian Makalah Menurut Pada Pakar dan Ahli:


Berikut akan kusebutkan definisi-definisi yang telah dibukukan untuk Makalah:

Beberapa pengertian makalah menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Pengertian Makalah Dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia): Makalah adalah tulisan remsi mengenai suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Makalah adalah sebuah karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.
  • Pengertian Makalah Menurut Poerwadarminta: makalah adalah sebuah uraian tertulis yang membahas tentang suatu permasalahan untuk mendapatkan pembahasan lebih lanjut.
  • Pengertian Makalah Menurut Tanjung dan Ardial: makalah adalah sebuah karya tulis yang memuat mengenai suatu masalah tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut, disertai analisis yang logis dan objektif.
  • Pengertian Makalah Menurut Surakhmad: makalah adalah segala jenis tugas kuliah yang diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil dari pembahasan buku maupun hasil karangan mengenai sebuah topik.
  • Pengertian Makalah Menurut Zaenal Arifin: makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan masalah dan pembahasannya berdasar pada data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.
  • Pengertian Makalah Menurut Sudjiman, makalah adalah sebuah karangan berbentuk prosa, bukan fiksi, yang membahas mengenai topik tertentu. Makalah juga bisa disebut sebagai naskah semester yang biasa diminta dosen.



Mungkin perlu juga digaris bawahi bahwa Kamus Besar Bahasa Indonesia kutempatkan sebagai pendapat ahli disini karena aku meyakini bahwa KBBI adalah hasil karya dari sekumpulan orang-orang yang memang ahli di bidang pendefinisian istilah. Aku juga telah membuat sebuah laman yang kutujukan untuk para pelajar yang ingin membuat mekalah secara cepat dengan template serta bagaimana cara mencari makalah di Internet. Silahkan ikuti tautannya. Semoga bermanfaat.