--> Pengertian Analisis, Apa Yang Dimaksud Dengan Analisis? | (HCC)

Pengertian Analisis, Apa Yang Dimaksud Dengan Analisis?

Author: CS Havia
Pengertian Analisis, Apa Yang Dimaksud Dengan Analisis? : Masih dalam lingkup dunia pendidikan, setelah tadinya kita membahas mengenai Cara yang benar mambuat karya tulis makalah, dan sudah juga membicarakan tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi beserta hak dan kewajiban Mahasiswa, kali ini kita akan membahas tentang pengertian dari salah satu istilah yang sering kita dengar dan pastinya --mengetahuinya-- adalah sesuatu yang mutlak wajib bagi orang-orang yang berada di dunia pendidikan, penelitian dan pengembangan. Tentunya sobat yang sedang membaca ini juga sudah sering atau setidaknya pernah mendengar istilah analisis, bukan? Baiklah, yuk kita bahas analisis disini, blog Havia, dealer fotocopy Lombok ini.
Ilustrasi Orang Sedang Menganalisa, melakukan analisa,  Analyzing
Khusus di dunia pendidikan, istilah ini akan sering kita dengar pada saat menulis sebuah makalah, jurnal ataupun karya ilmiah berupa skripsi, tesis atau disertasi. Nah, kami akan mencoba menguraikan berbagai pendapat tentang pengertian atau maksud yang terkandung didalam istilah "analisis". Selanjutnya kita akan menuju pembahasan tentang pengertian atau definisi dari analisis.


Analisis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:

1 penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan seabgainya); 2. Penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan; 3. penyelidikan kimia dng menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan seabgainya; 4 penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya; 5 pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya;


Sedangkan pengertian analisis menurut yang sering kita jumpai dikutip pada panduan-panduang penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
Analisis merupakan aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya. Dalam pengertian yang lain, analisis adalah sikap atau perhatian terhadap sesuatu (benda, fakta, fenomena) sampai mampu menguraikan menjadi bagian-bagian, serta mengenal kaitan antarbagian tersebut dalam keseluruhan. Analisis dapat juga diartikan sebagai kemampuan memecahkan atau menguraikan suatu materi atau informasi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah dipahami.


Di dalam penulisan karya ilmiah sering kita temui berbagai analisis yang dikemukakan oleh penulisnya. Penjabaran tersebut haruslah bersifat logis, juga objektif. Kegagalan dalam mem-praktek-kan cara-cara yang logis dala mengambil kesimpulan dari sebuah analisa dapat menyebabkan ketidak akuratan dalam sebuah karya tulis ilmiah.


Itulah apa yang kita ketahui tentang analisis, semoga bermanfaat. Ikuti terus tulisan-tulisan di havia dealer fotocopy mataram untuk mendapatkan artikle-artikel pendidikan lainnya.
Dari berbagai sumber. Baca juga perbedaan antara topik, tema dan judul.

Canon imageRUNNER ADVANCE 4045 / 4051

Canon ImagerRunner Advance 4045 | 45 di 4051 | Dapat memindai hingga 51 ppm, dan 51/51 IPM (simpleks, 300dpi, bw/color). Menawarkan pengirim...

------