Microsoft Office Access, Program Apa Itu MS. Access?

Author:
Microsoft Office Access, Program Apa Itu MS. Access?:

"Program apa sih MS. Access itu?" kata seorang pengguna produk microsoft office word untuk menulis skripsi. Oh, sepertinya dia sering melihat program itu terpasang di komputernya berbarengan dengan microsoft office word dan excel. "Untuk apa sih program yang Microsot Office Access ini sebenarnya?" pikirnya dalam hati. He he, dan itu adalah penulis sendiri yang mengalaminya sewaktu belum mengenal program pengolah data bikinian Microsoft ini. Dan sekarang aku sudah tahu, hore....!
Microsoft Office Access Full Version Free Download 2015-2016
Nah, untuk itulah, disini sekarang aku ingin berbagi bersama Sobat Havia FC yang mungkin lagi memiliki pertanyaan yang sama seperti apa yang dulu pernah penulis rasakan. Semoga dengan tulisan di blog ini, para pengguna program office dari Microsoft tidak terus-terusan membendung rasa ingin tahu mereka. Harapannya untuk berbagi, ya, hanya berbagi. Semoga bermanfaat.



Jadi, Marilah kita membahas tentang apa itu Microsoft Office Access?, mulai dari Pengertian MS. Access, Fungsi Program Microsoft Access, disertai dengan contoh dan program-program serupa dengan program aplikasi basis data komputer relasional ini.

Kita sepertinya harus mulai dengan pengertian atau definisi dari program microsoft office Access, he he, seperti apa-apa yang sering kita lakukan di sekolah dan kampus gitu... Definisi dan pengertian microsoft office access itu penting untuk diketahui lo... sama seperti istilah-istilah lainnya, misalnya pengertian makalah menurut para ahli. Dengan memahami definisi dan pengertiannya, kita akan lebih mengenal apa sih yang sebenarnya dimaksudkan dari istilah atau nama yang diberikan untuk "program tersebut".


Oke, kita mulai saja. Kita mulai dengan pengertian Microsoft Office Access, MS. Access adalah sebuah aplikasi basis data komputer relasional yang dipersiapkan untuk pengguna kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Namun begitu program ini juga sering ditemui digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Microsoft Access adalah salah satu dari beberapa aplikasi Microsoft Office yakni Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Ms. Access memanfaatkan engine basis data Microsoft Jet Database Engine dengan tampilan grafis yang intuitif agar memudahkan para penggunanya.

Microsoft Access dapat membuat dan membaca data dengan format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, serta semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Banya kprogrammer yang menggunakan Ms. Access sebagai alat untuk membuat aplikasi, mulai dari yang sederhana hingga sangat kompleks. Program ini ini juga bisa dimanfaatkan oleh programmer-programmer sebagai alat pemrograman berorientasi objek, akan tetapi MS Acess belum dapat dimasukkan ke dalam golongan perangkat pemrograman berorientasi objek. Penulis sendiri, hanya mampu menggunakannya hingga pembuatan databse stok barang dengan MS. Access.



Dalam sejarahnya, Microsoft Office Access telah mengalami berbagai perkembangan dan versi, mulai dari versi 1.1, ..., Microsoft Access 97, Microsoft Access 2003,...,Microsoft Access 2007, Microsoft Access 2013, dan seterusnya hingga saat ini Microsoft Access 2015 dan Microsoft Access 2016.


Microsoft Office Access bisa install di komputer penggunanya dengan trial versian bagi yang hanya ingin mencoba atau full version bagi yang sudah membayar lisensi program pengolah data tersebut. Lisensi Microsoft Office Access dapat dibeli secara online melalui situs penjualan yang beraffiliasi dengan Microsoft Corp. atau reseller-reseller offline yang ada di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. tetapi Selain membeli program resmi, banyak juga yang menginstall versi Microsoft office full dengan men-download crack atau file peretas sistem keamanannya. Tapi cara terakhir tidak dianjurkan.