--> Perbedaan Antara Tema, Topik Dan Judul Yang Paling Mendasar | (HCC)

Perbedaan Antara Tema, Topik Dan Judul Yang Paling Mendasar

Author: CS Havia
Perbedaan Antara Tema, Topik Dan Judul Yang Paling Mendasar : Ketiga istilah-istilah di atas (Tema, topik dan Judul) terlihat hampir sama. Sebagian orang mungkin akan sulit untuk menyatakan apa perbedaan antara ketiga istilah tersebut. Untuk memudahkan kita memahami perbedaan-perbedaannya maka kita akan membahasnya disini. istilah tema, topik dan judul sering kita dengar pada berbagai jenis kegiatan, seperti pada acara-acra diskusi, pidato, tulisan, karangang fiksi, karya tulisa ilmiah, dan lain sebagainya.
Contoh Judul Berita Koran
Dari klipping korand diatas, Kasus Terbukti ... dan seterusnya; adalah judul dari berita.
Pada kesempatan ini kita akan membahas perbedan-perbedaan yang paling mendasar dari istilah-istilah tersebut. Harapannya, agar kita lebih bisa memahami keunikan masing-masing istilah dan bagaimana menggunakan istilah tersebut.




Pengertian masing-masing istilah (Tema, Topik dan Judul) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):
KBBI sebagai salah satu ssumber rujukan untuk mengetahui makna sebuah kata memberikan definisi yang dapat kita lihat seperti berikut untuk masing-masing istilah dimasud, yakni:
TEMA: tema/te·ma/ /téma/ n pokok pikiran; dasar cerita (yg dipercakapkan, dipakai sbg dasar mengarang, menggubah sajak, dsb). contoh: Tema sandiwara ini ialah “yg keji dan yg jahat pasti akan kalah oleh yg baik dan mulia”;
TOPIK: topik/to·pik/ n 1 pokok pembicaraan dl diskusi, ceramah, karangan, dsb; bahan diskusi. Contoh: masalah yg akan menjadi topik sidang DPA ke-4 tahun itu ialah “Pemerataan dl Pembangunan Regional dan Pedesaan”; 2 hal yg menarik perhatian umum pd waktu akhir-akhir ini; bahan pembicaraan;
JUDUL: judul/ju·dul/ n 1 nama yg dipakai untuk buku atau bab dl buku yg dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab itu; 2 kepala karangan (cerita, drama, dsb); tajuk;
Judul bawah: judul serta yg dibubuhkan di bawah ilustrasi; Judul berita: judul yg merupakan inti berita dl surat kabar, yg dicetak dng huruf besar (tebal); Judul prancis: halaman buku yg terletak di bagian kanan sebelum halaman judul utama yg hanya memuat judul buku saja;
Itulah pengertian dari tema, topik dan judul menurut KBBI. Dari keterangan diatas kita juga dapat membuat daftar perbedaan diantar ketiga sitilah yang disebutkan. Kita akan menyebutkan yang mendasar saja. Ini dia ciri-ciri yang membedakan antara mereka:
Ciri-ciri tema:
1.Dalam novel dan cerpen, tema biasanya dapat dilihat melalui persoalan yang dikemukakan.
2. Tema juga dapat dilihat melalui cara-cara watak itu bertentangan satu sama lain, bagaimana cerita diselesaikan.
3. Tema dapat dikesan melalui peristiwa, kisah, suasana dan unsur lain seperti nilai kemanusiaan yang terdapat dalam cerita, plot cerita, perwatakan watak-watak dalam sebuah cerita.

Ciri-ciri topik:
1. Topik harus menarik perhatian si pembaca, sehingga mampu menimbulkan rasa keingintahuan pembaca.
2. Mencakup keseluruhan isi cerita.

Ciri-ciri judul:
1. Relevan dengan tema cerita tersebut, atau ada keterkaitan dengan beberapa bagian penting dari tema tersebut.
2. Biasanya judul harus provokatif dengan menarik si pembaca dan menimbulkan keingintahuan pembaca terhadap isi cerita tersebut.
3. Judul terdiri dari lima kata dan diusahakan tidak boleh lebih.
4. Judul tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi berbentuk kata yang singkat.
5. Judul harus mencerminkan topic atau tema, tidak boleh menyimpang.



Definisi-definisi lainnya seputar Tema, topik dan Judul.
Kita juga menemukan pengertian-pengertian yang lebih spesifik untuk menjelaskan apa sebenarnya arti dari ketiga istilah tersebut, ini dia:

Tema:


Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal, salah satunya dalam membuat suatu tulisan. Di setiap tulisan pastilah mempunyai sebuah tema, karena dalam sebuah penulisan dianjurkan harus memikirkan tema apa yang akan dibuat. Dalam menulis cerpen, puisi, novel, karya tulis, dan berbagai macam jenis tulisan haruslah memiliki sebuah tema.
Tema juga hal yang paling utama dilihat oleh para pembaca sebuah tulisan. Jika temanya menarik, maka akan memberikan nilai lebih pada tulisan tersebut.
Secara etimologis, kata “tema” berasal dari bahasa Yunani yaitu tithenai yang berarti “sesuatu yang telah diuraikan. Ini berarti topik merupakan sesuatu yang sudah ditentukan dan dibatasi. Tema berarti pokok pemikiran. Pokok pemikiran tertentu yang akan disampaikan oleh penulis dalam karangannya disebut tema karangan.
Penetapan tema sebelum mulai mengarang sangatlah penting untuk menjamin penyampaian ide secara teratur dan jelas sehingga isi karangan akan dapat dipahami oleh pembaca dengan mudah. Tema hendaknya harus diungkapkan secara eksplisit agar dapat membantu memudahkan penulis dalam menulis sebuah kerangka karangan.

Topik:


Topik (bahasa Yunani: topoi) adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan. Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas.
Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis. Ciri utama dari topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan masih bersifat umum dan belum diuraikan secara lebih mendetail.
Topik biasa terdiri dari satu satu dua kata yang singkat, dan memiliki persamaan serta perbedaan dengan tema karangan. Persamaannya adalah baik topik maupun tema keduanya sama-sama dapat dijadikan sebagai judul karangan. Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum,sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.

Judul


Judul Merupakan perincian atau jabaran dari topik yang diberikan untuk bahasan atau karangan. Nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang menyiratkan secara pendek isi atau maksud dari buku tersebut.
Dalam artikel judul sering disebut juga kepala tulisan. Judul berfungsi sebagai slogan promosi untuk menarik minat pembaca dan sebagai gambaran isi karangan. Ada yang mendefinisikan judul adalah lukisan singkat suatu artikel atau disebut juga miniaturisi bahasan. Judul lebih spesifik dan sering menyiratkan permasalahan atau variabel yang akan dibahas.

Itulah sekelumit pembahasan tentang perbedaan yang mendasar beserta definisi dan pengertian-pengertian yang dimiliki oleh Tema, Topik dan Judul. Stay tune ya..., Kita akan membahas tema-tema dan topik-topik terkait dunia pendidikan lainnya pada postingang-postingan selanjutnya.
Jangan Lupa share-nya..

Canon imageRUNNER ADVANCE 4045 / 4051

Canon ImagerRunner Advance 4045 | 45 di 4051 | Dapat memindai hingga 51 ppm, dan 51/51 IPM (simpleks, 300dpi, bw/color). Menawarkan pengirim...

------